Kamis, 17 November 2011

JENIS - JENIS PEMBELAJARAN

dalam menjalankan proses pendidikan seorang pendidik dihadapkan dengan puluhan peserta didik yang berbeda latar belakang serta kecenderungan yang berbeda. setidaknya ada tiga gaya belajar yang sering ditemukan dalam proses pendidikan yaitu : 
  1. gaya belajar visual yaitu dengan ciri - ciri peserta didik lebih menyukai gambar - gambar dalam pelaksanaan pendidikan yang disertai contoh yang menarik. peserta didik dengan gaya belajar ini cenderung suka membuat catatan kecil dengan mencoret coret membuat ringkasan pelajaran.
  2. gaya belajar auditorial yaitu gaya belajar yang cenderung menyukai suara - suara sebagai pengiring. peserta dengan gaya belajar ini sangat antusias ketika seorang peserta didik membawakan pelajaran disertai dengan cerita - cerita sehingga mereka begitu terbawa dalam alur cerita tersebut, namun seorang pendidik harus selalu bisa mengarahkan peserta didik agar bisa mengambil pelajaran dalam cerita yang disampaikan. selain itu peserta didik dengan gaya belajar seperti ini tidak begitu rapi dalam pencatatan tapi lebih pandai ketika menyusun kata - kata untuk disampaikan didepan umum. 
  3. dan yang terakhir adalah gaya belajar kinestetik, peserta didik yang mempunyai tipe belajar seperti ini lebih menyukai materi pembelajaran yang menggunakan keterampilan fisik, mereka akan bosan dan tidak bisa mengikuti pembelajaran ketika pembelajaran dilakukan dengan kondisi duduk diam dan mendengarkan pendidik ceramah. selain itu peserta didik dengan gaya belajar ini akan lebih banyak bergerak, sehingga terkesan jahil karena mereka sangat tidak tahan ketika disuruh duduk. sehingga untuk mengantisipasi terjadi kekacauan yang ditimbulkan karena perbedaan gaya belajar ini seorang pendidik harus menyiapkan strategi dalam setiap pembelajaran. strategi merupakan taktik yang digunakan untuk menggapai tujuan. 
ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan diatas, selain sikap profesional yang dikuasai seorang pendidik mulai profesional dalam managemen, hingga profesional dalam menjalankan tanggung jawab ketika menjalankan tugasnya, strategi - strategi tersebut terus berkembang misalnya pendidik dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan [ PAKEM] atau strategi AMBAK. semua strategi itu dapat dilakukan dalam satu pembelajaran sehingga perbedaan gaya belajaran yang dimiliki peserta didik dapat diakomodir dalam pembelajaran. karena proses pendidikan adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik bukan aktivitas yang dilakukan pada peserta didik, maka sudah seharusnya kita memberikan ruang kepada mereka untuk mengeksplor kemampuan dan bakat mereka tanpa ada paksaan dari luar dan diskriminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar