Jumat, 04 November 2011

MEDIA PEMBELAJARAN

MEDIA
kata Media berasal dari bahasa Latin ‘MEDIUS’ yang berarti ‘tengah’, ‘perantara’, atau ‘pengantar’
kata ini dalam Bahasa Arab sama dengan (وسائل) yang  berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. 
sehingga dalam pengertian secara luas Media diartikan sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. dengan definisi ini maka jelas peran dari media dalam pendidikan yaitu untuk mempermudah proses pembelajaran, media di sini bukan hanya yang nampak dan telah dijadikan sebagai sebuah alat yang telah ditetapkan, namun media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dan memperlancar proses pembelajaran.

MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
  1. Belajar dengan melihat [ stimulus visual ] menghasilkan pembelajaran yang baik untuk jenis pembelajaran mengingat, mengenali, mengingat kembali dan menghubung-hubungkan fakta dan konsep.
  2. Belajar dengan menulis [ stimulus verbal ] menghasilkan pembelajaran yang baik apabila pembelajaran itu melibatkan ingatan yang berurut-urutan.
  3. Belajar dengan menggunakan indera ganda (verbal dan visual ) akan memberikan keuntungan bagi peserta didik, berupa pemahaman ganda.
keterangan ini mengingatkan pada keuntungan belajar dengan menggunakan teknik pembelajaran aktif atau active learning. diantaranya : 
  1. jika aku belajar dengan melihat maka aku paham
  2. jika aku belajar dengan mendengar maka aku akan mengerti
  3. jika aku belajar dengan melihat, mendengar, maka aku akan paham dan mengerti
  4. dan jika aku belajar dengan mendengar, melihat, dan mempraktekkannya maka aku akan menjadi ahli dari sebuah ilmu. 
untuk itu sebagai seorang pendidik harus menguasai media dalam bentuk apa pun itu karena dengan media proses pembelajaran akan semakin bervariatif dan tidak membosankan sehingga peserta didik pun akan semakin senang dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar